teman

aku lagi ngerasain fase yang males banget menjalin pertemanan sama orang gara-gara bullying, berusaha bersahabat sama seseorang yang toxic banget karena berharap bisa memperbaiki dia, sampe ketemu orang yang paling geje.

pelajaran yang aku dapet dari semuanya adalah…..

yang ngebuat kita punya beban saat menjalin pertemanan adalah ketika kita berekspektasi kalo kebaikan kita harus dibalas dengan kebaikan yang sama. kita selalu berfikir bahwa kita berbuat baik ke seseorang karena orang tersebut teman kita. jadinya kadang kita ngeras bersalah dan gak setia saat harus ninggalin temen kita yang toxic, juga ngerasa sedih kalo ada temen kita yang tiba-tiba menjauh dari kita.

itu manusiawi banget sih.

tapi kelak ada masanya kita harus lebih memprioritaskan kesehatan emosi dibandingin ngurus hal-hal yang kayak gitu. syaratnya adalah….kita harus berani berprinsip kebaikan kita itu hak semua orang. tapi masalah berbagi rasa, berikan ke orang yang bener-bener pantas buat kita. jodoh sebenernya bukan sekedar tentang pasangan. pekerjaan, tempat tinggal, keluarga dan sahabat-sahabat kita juga jodoh. pada pekerjaan, tempat tinggal, keluarga dan sahabat….kita berbagi rasa. pilih sahabat yang menumbuhkan kamu jadi orang yang lebih kuat dan lebih bahagia. bukan orang-orang yang justru nurunin self esteem. ini penting banget lho.

aku emang bukan tipikal orang yang suka declare “You’re my friend and i love you cause Allah”. aku justru ngerasa gak nyaman kalo terlalu deket sama seseorang sampe dia nanya aku kemana dan ngapain aja.

aku lebih suka berteman secara casual sama sama banyak orang dan ngasih pertolongan ke mereka selagi aku bisa.

lagi-lagi….berbuat baiklah kepada semua orang….tapi urusan pertemanan, pilihlah yang menumbuhkan.

yang ngebuat aku semakin cinta sama agama ini adalah ketika aku belajar tentang sikap adil. kita selalu perlu menata niat berbuat baik. lillahi ta’ala. semarah apapun kita ke seseorang, kita harus ingat bahwa dia masih berhak dapat bantuan dari kita. jadi pada dasarnya, islam itu mengajarkan berbuat kebaikan tanpa syarat.

kalo ntar temen kamu toxic banget, gak perlu merasa bersalah buat ngambil jarak. buka ruang pertemanan sebanyak-banyaknya. miliki lebih banyak lagi sahabat yang menumbuhkan.

dan buat si toxic tadi, kamu bisa tetap menyayanginya tanpa perlu memikul beban perasaan “ingin sikap kita dibalas dengan sikap yang sama”, karena balasan atas perbuatan baik kita itu cuma urusan Allah. bukan urusan orang yang bersinggungan dengan kita. berbuat baik ke dia sesanggupnya kamu aja, jangan lupa didoakan. overthink tentang orang seperti ini justru menutup pintu pertemanan kamu sama temen-temen yang lain. padahal bisa jadi dengan membuka pertemanan yang lebih luas, rasa kesal kamu ke dia akan terkikis sedikit demi sedikit.

anyway….

orang yang saling menyayangi itu kadang gak saling memprioritaskan karena masing-masing punya kesibukan sendiri. tapi ketika kamu butuh bahu untuk bersandar, mereka akan bisa menjadi bahu yang hangat….bahu yang memberi kita sandaran tanpa membuat kita harus terlihat lemah. ini berlaku dalam persahabatan dan (mungkin) juga pasangan. aku dapet nasihat ini dari temen yang udah nikah dan mereka berdua fokus berdakwah di bidang masing-masing.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

teruntuk : kalian yang menunggu untuk ditemukan, kalian yang sedang dalam pengharapan, kalian yang sedang berusaha menerima kenyataan

tips-tips mendidik anak menghafal Al Qur'an