ada Allah kok

masing-masing orang pasti pernah banget hectic sama urusannya masing-masing. pernah banget kuatir yang berlebihan dengan suatu hal. takut ntar gak lulus kuliah. takut gak dapet kerja. takut jomblo. takut nikah. takut punya anak. dan banyak kasus lain.

beberapa orang yang Allah kasih sakit yang gak ringan macem cancer, stroke, jantung, gagal ginjal, dan penyakit-penyakut horor lain ini kebanyakan penyakitnya justru ngasih impact ke orang terdekatnya. ini ujian yang gak cuma ngelatih sabar orang yang kebetulan sama Allah dikasih yang begitu itu. pun ujian untuk orang di sekitarnya.

masing-masing orang pasti punya masalah masing-masing. berat ringan itu sudah Allah takar sesuai batas kemampuan masing-masing. jadi gak mungkin over load. kitanya aja yang kadang sering panik duluan sampai lupa kalau ada Dzat yang bisa bantu kita menguraikan masalah tadi.

“ada Allah kok.”

kitanya aja yang kadang lupa. ingetnya, masalah ini harus diselesaikan sendiri. padahal ya enggak. ada Allah.

kita cuma kudu senantiasa inget aja biar gak terjerumus ke yang macem-macem.

“gimana caranya biar bisa inget dan dekat dengan Allah terus?” tanya temen saya.

“ya banyakin ibadah.”

kemudian temen saya yang lain jawab gini, “mau inget juga gak harus dengan banyakin ibadah. ya diingat-ingat aja, dilatih buat ingat.”

gimana caranya?

kalau ibadah itu adalah sarana mendekatkan diri dan mengingat Pencipta kita serta siapa diri kita ini sebenarnya, seandainya itu tidak dilakukan, dari mana kita bisa ingat coba? kita gak perlu jadi orang yang sok filosofis yang jatuhnya malah sombong, dengan bilang, “ gak perlu ibadah-ibadah ritual macem gitu, yang penting hatinya.” gak perlu.

hati kita justru akan terpaut semakin erat ketika kita terus melakukan ibadah, menjaga amal sholih kita, yang ma'ruf dilakuin kalau perlu yang lain diajakin. misal itu munkar ya dijauhin, yang lain diingetin juga. gak simple emang. tapi kalau dilakukan terus menerus ya akhirnya jadi kebiasaan. akhirnya juga gak terasa berat.

hati yang selalu ingat Allah itu macem punya rem ketika mau maksiat. pas kadang ngelakuin dosa juga jadinya gak tenang mulu. jadi ya terjaga akhirnya. hidup juga jadi lebih tenang. ya kan?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

tips-tips mendidik anak menghafal Al Qur'an

semakin