memompa semangat menghafal

lagi cari ayat yang bisa memompa semangat menghafal, tiba-tiba teringat beberapa ayat ini:

1. “kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkal-lah kepada Allah.” (Ali Imran : 159)
Allah nyuruh kita untuk bertawakkal, didahului dengan usaha. jadi seberapa besar tekad kita, maka sebesar itu pula usaha yang harus dilakukan. karena, tekad, usaha, dan hasil, ketiganya berbanding lurus. tidak pernah ada sejarahnya tekad itu besar, namun usahanya kecil. tidak pernah juga ada sejarahnya usaha itu maksimal, namun hasilnya tidak maksimal. jika ada yang mengatakan demikian, pastikan dia adalah pendusta! intinya, menghafal dahulu, serahkan pada Allah kemudian.

2. “Sesungguhnya bersama kesulitan itu kemudahan” (Al-Insyirah : 6)
sekali lagi, yang namanya tekad, usaha, dan hasil, ketiganya berbanding lurus. lalu ditambah ayat dari surat Al-Insyirah ini. sudah jelas dan terang, rumusnya [tekad + (kemudahan dari Allah x usaha) = hasil yang sempurna]. kalau ketetapan Allah sudah seperti ini, siapa lagi yang mau bilang menghafal Al-Qur’an itu sulit?

3. “Sesungguhnya telah Kami mudahkan Al Quran untuk pelajaran, Maka Adakah orang yang mengambil pelajaran?” (Al-Qamar : 22)
nah loh, Allah udah kasih rumus lewat ayat-ayatnya. kalau udah jelas rumusnya, tinggal kita mau pakai rumus itu atau enggak. iya kan?

Allahu a’lam
:')

sumber : dapet dari salman fariis (via tumblr)

Postingan populer dari blog ini

hehehe tipe?

untuk hati yang sedang lelah

mengikhtiarkanmu dengan cara baik-baik