ketika kita merasa bahwa semua yang kita lakukan salah, bahkan kita berniat baik pun dituduh jahat, kita difitnah sedang kondisinya kita tidak tau apa-apa dengan keadaan di luar sana. lalu orang tidak berhenti berasumsi terhadap diri kita, tanpa pernah bertanya atau mengkonfirmasi kejadian sebenarnya kepada kita. lalu hati kita sedih.

ketika semuanya terasa sedih dan sendirian, semuanya terasa meninggalkan, semuanya terasa berjalan sendirian dan apa-apa sendirian.l alu hati kita pilu.

ketika semua nasihat yang kita berikan dianggap angin lalu. semua nasihat yang sudah semalam suntuk kita pikirkan bagaimana caranya agar nasihat itu sampai dengan bahasa sehalus mungkin, tutur selembut mungkin dan dengan jiwa yang diberani beranikan karena Allah, tapi malah dianggap salah, dianggap tidak paham, dianggap menuduh yang bukan-bukan. padahal kalaulah bukan karena sayang kepada saudara mana mungkin kita sepeduli ini. lalu mata kita mulai berair karenanya.
ketika kita merasa buntu dan tidak tau mesti apa. dengan kondisi selemah ini tapi kita mesti terlihat kuat. dengan kondisi sehancur ini tapi kita tetap mesti terlihat baik baik saja. maka menangislah kita, sendirian, disaksikan malaikat kiri dan kanan serta Allah yang Maha Melihat semua kejadian.
bahkan yang terlihat kuatpun butuh dikuatkan, kan?

tapi, kita tidak diajarkan untuk membalas keburukan teman dengan keburukan. setajam apapun lisan yang dia ucapkan untuk diri kita, seburuk apapun pandangannya pada kita, sekejam apapun perlakuannya pada kita, tetap balas dengan kebaikan. setidakpeduli apapun dia, tetap kita balas dengan peduli. se-ego apapun dia, tetap kita yang mesti mengalah. se-muak apapun dia, tetap kita balas dengan salam.

hal seperti itu yang pelan-pelan akan mendewasakan diri kita. dan kejadian-kejadian ini ada supaya kita dibuat paham bahwa kalaulah perlakuan dan perhatian manusia yang kita harapkan, sampai kapanpun kita akan selalu kecewa. karena kita berharap pada yang juga berharap, yang tidak bisa sedikitpun mengabulkan harapan kita.

Allahu akbar, kuatkan yang lemah!

p.s: catatanbesarku (via tumblr)